Wisata Baru Kulon Progo



GOA KEBON

HIBURAN UNTUK KOCEK YANG TERBATAS

Goa Kebon dua tahun belakangan sering dijadikan sebagai destinasi wisata di Kulon Progo. Goa Kebon berlokasi di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan. Jika anda bosan melihat goa yang biasa, goa yang satu ini berbeda. Goa Kebon tidak hanya sekadar goa, goa ini dihiasi dengan air yang mengalir dari sungai di atas goa, aliran air semakin memper cantik muka goa yang sekilas nampak mirip air terjun mini. Disekitar goa memang banyak terdapat aliran sungai, terlebih lagi bentuk sungai yang bertingkat layaknya teras sering yang semakin memper indah suasana di se-keliling goa.
Konon menurut warga sekitar, Goa Kebon dipercaya sebagai jalan pintas menuju lereng Gunung Garuda Berapi (nama lain gunung merapi), oleh sebab itulah sampai saat ini tidak ada yang berani memasuki Goa tersebut. Bahkan dikatakan jika ada yang memasuki Goa tersebut maka mereka tidak akan bisa kembali lagi dengan selamat. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Goa Kebon lebih sering menikmati sensasi wisata air sungai yang mengalir dari atap goa.
Berkunjung ke Goa Kebon paling cocok saat kemarau, karena jalan masuk menuju goa tidak licin, selain itu pemandangan di sekitar juga akan tampak lebih bagus, karena air sungai surut sehingga pepohonan dan alam sekitar tampak lebih asri dengan nuansa pedesaan yang masih kental. Namun jangan mengira jika musim kemarau air yang mengalir dari atas goa akan habis, menurut warga sekitar meskipun musim kemarau air dari atas goa dari dulu tidak pernah surut, hal itulah yang menjadi keunikan dari Goa Kebon.
Di sekitar Goa memang belum ada fasilitas seperti toilet umum, pedagang makanan atau persewaan tikar, sehingga lebih baik anda membawa perbekalan sendiri. Untuk masuk ke goa tersebut tidak dikenai biaya restrbusi hanya saja wisatawan biasanya menitipkan kendaraan ke warga sekitar dan membayar biaya parkir. Lingkungan di sekitar goa masih sangat asri, oleh karena itu diharapkan pengunjung dapat menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.


Komentar