Contoh SINOBSIS Novel Nasib SI Penyayang


SINOPSIS NOVEL NASIB SI PENYAYANG :

Judul                    : Nasib Si Penyayang

Pengarang            : Halikhan A. Muin

Tahun Terbit        : 1995

Jumlah Halaman : 102 Halaman

Sinopsis               :

            Novel yang berjudul “Nasib Si Penyayang” ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang tinggal di sebuah desa. Desa tersebut bernama desa Penyandingan. Keluarga tersebut memiliki 3 (tiga) orang anak , satu orang anak perempuan dan dua lainnya laki-laki, ketiga anak tersebut bernama Inilah, Nasib, dan yang terakhir bernama Untung . Nasib adalah anak kedua  dari dari ibu Kamilah dan Bapak Teguh. Pada awalnya Nasib adalah anak yang bandel ia memiliki sifat yang kurang baik, dia suka menyiksa binatang. Akan tetapi seiring bertambahnya usia Nasib tumbuh menjadi anak yang baik. Kebiasaannya yang sering menyiksa binatang berubah menjadi penyayang binatang. Sejak saat itulah Nasib tak lagi melakukan hobinya yang sering menyiksa binatang itu.

            Karena banyak burung layang-layang yang bersarang di rumah si Nasib, teman Nasib yang bernama Unggul menyarankan agar Nasib mengumpulkan sarang burung layang-layang tersebut, untuk dijualnya. Nasib dan ayahnya pun bekerja sama untuk merawat dan menjaga burung layang-layang yang bersarang di rumahnya tersebut. Nasib pun menjual sarang burung layang-layang tersebut kepada Tuan Nah-Wah. Tuan Nah-Wah adalah seorang pedagang sekaligus sahabat ayahnya.

            Nasib memiliki cita-cita ingin melanjutkan sekolahnya ke SMA yang ada di kota. Karena di desanya belum ada SMA. Dengan usahanya yang gigih untuk merawat burung layang-layang yang bersarang di rumahnya, dan menjual sarangnya, akhirnya Nasib pun dapat meraih cita-citanya tersebut, yaitu dapat melanjutkan sekolah ke SMA yang ada di kota bersama kakaknya Inilah.

Komentar